Beranda | Artikel
Sakitnya Sama, Dosisnya Sama Tapi Sembuhnya Berbeda
Kamis, 17 Oktober 2019

Ada kejadian yang membuat orang terheran, beberapa orang mempunyai keluhan dan sakit sama setelah berobat ia dikasih dosis sama. Tapi setelah itu, hanya 1 orang yang sembuh, sisanya mencari alternatif obat lain.

Lantas kita akan berpikir, kenapa bisa seperti itu?

Teringatlah kita dengan Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS. Al-Baqarah: 286)

Allah memberikan sesuatu kepada hambanya sesuai dengan kapasitas hamba tersebut, sama halnya dengan sakit, setiap orang berbeda tingkatan dalam sakitnya. Walaupun ada sepuluh orang di diagnosis berpenyakit sama, namun tiap orang punya level sakit berbeda dan cara sembuhpun juga berbeda-beda.

Nabi  tegaskan dalam sabdanya,

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit pasti ada obatnya. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Muslim)

Disinilah letak rahasia agar kita selalu berhusnudzon kepada Allah, penyakit itu pasti ada obatnya dengan izin Allah ta’ala. Hanya saja jika kita belum sembuh-sembuh. Terus cari, dan jangan berputus asa.

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً، عَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ وَجَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ

“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim)

=Akhukum Minanurrohman=


Artikel asli: https://nasehat.net/sakitnya-sama-dosisnya-sama-tapi-sembuhnya-berbeda/